Senin, 10 April 2017

Bocorkan Kecurangan UN, Siswi Ini Diancam Guru Hingga Minum Racun




Heronesia.com - Amelia Nasution, 18, siswi Kelas 12 SMK Negeri 3 Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara (Sumut), yang meminum racun rumput karena merasa terintimidasi setelah mengungkap kecurangan ujian nasional berskala komputer (UNBK), akhirnya menghembuskan nafas terakhir setelah sembilan hari menjalani perawatan, Senin (10/4).

Amelia meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Sidempuan. Jenazahnya langsung dibawa keluarga untuk disemayamkan di rumah orangtuanya di Desa Bahal, Kecamatan Batunadua, Kota Padang Sidempuan. Selain keluarga, rekan sekolah Amelia juga kehilangan mendengar rekannya itu akhirnya meninggal dunia.

Kepala Ombidsman Sumut Abyadi Siregar melalui akun Facebook membenarkan kabar tersebut.

Abyadi menulis bahwa Amelia yang sempat diinterogasi tiga guru diduga merasa terintimidasi sehingga berusaha bunuh diri dengan minum racun, dan akhirnya meninggal dunia.

Yanwar Nasution, 49, ayah Amelia, merasa sangat terpukul atas musibah yang menimpa anaknya tersebut. Apalagi, sebelum korban meninghal dunia dan saat menjalani perawatan di rumah sakit, dirinya mendengar pengakuan mengejutkan dari puteri kesayangannya tersebut. Amelia minum racun rumput setelah terintimidasi.

Aksi nekatnya diduga karena intinmidasi gurunya berinisial E yang mengancam akan memenjarakan dirinya dan mendenda Rp 750 juta. Intimidasi itu dilakukan oknum guru karena Amelia bersama rekannya, Idda Annur dan Rini Afrianti, memprotes guru E yang diduga membocorkan kunci jawaban UNBK kepada anaknya berinisial Y.

Aksi protes itu muncul melalui media sosial. Berbagai tudingan diungkapkan korban dan rekan-rekannya. Merasa tidak senang, guru E memanggil Amelia dan rekan-rekannya itu ke sekolah. Mereka langsung diintimidasi dan diancam akan dilaporkan. Amelia pun ketakutan dan setelah pulang langsung ke belakang rumah.

Amelia langsung meminum racun rumput. Orangtuanya melihat dia dalam kondisi mulut berbuih dan langsung melarikannya ke rumah sakit. Berdasarkan keterangan dari Amelia saat dirawat, dan dikuatkan pengakuan rekan-rekan korban, terungkap bahwa percobaan bunuh diri itu dilakukan korban karena terintimidasi sehingga mengalami depresi dan kemudian nekat untuk bunuh diri.





Ilustrasi. (Shutterstock) 
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement