Minggu, 07 Mei 2017

Terungkap, Ternyata Ini Alasan Jokowi Sering Bagi-bagi Sepeda


jokowi, sepeda

Heronesia.com - Presiden Joko Widodo mengungkap alasan kerap membagi-bagikan sepeda melalui kuis setiap kali melakukan kunjungan kerja ke daerah.

Saat kunjungan ke Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5/2016), Jokowi pun membagikan sepeda kepada masyarakat yang hadir dalam acara Nusantara Budaya Maritim.

Seperti dilaporkan Antara, menurut Kepala Negara, salah satu tujuan utama pemberian sepeda yakni agar masyarakat, terutama pelajar, lebih mengenal wawasan kebangsaan serta budaya di Indonesia melalui pertanyaan-pertanyaan yang sudah disiapkan.

Alasan lainnya yang dianggap lebih penting adalah Presiden ingin mencanangkan kegiatan "car free day" atau hari bebas kendaraan bermotor di seluruh kota di Indonesia.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, bersepeda adalah salah satu cara termudah untuk menyesuaikan latihan dalam rutinitas harian, karena hal itu juga merupakan bentuk transportasi yang ramah lingkungan dan polusi, menghemat uang, membuat lingkungan menjadi lebih baik.

Transportasi sehari-hari dengan menggunakan sepeda, kata Jokowi, merupakan putusan yang terbaik. Itu karena kegiatan bersepeda bisa menyehatkan tubuh.

"Siapapun yang menerima agar sekiranya digunakan dengan baik khususnya para pelajar yang mendapatkan, tidak perlu naik kendaraan bermotor atau diantar saat sekolah, maka cukup dengan menggunakan sepeda tersebut sebagai pelopor cinta lingkungan," kata Jokowi.

Di Batulicin, Jokowi membagikan tujuh unit sepeda yang sengaja dibawa dari Jakarta.


"Ada tujuh unit sepeda yang disiapkan untuk dibagikan, dan sepeda ini sengaja kami bawa dari Istana Negara saat melakukan kunjungan ke Kalimantan Selatan melalui pesawat," kata Jokowi. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement