Home Uncategorized Selamatkan Ahok! Kembalikan Dia Sebagai Salah Satu Pemimpin Kita Lagi

Selamatkan Ahok! Kembalikan Dia Sebagai Salah Satu Pemimpin Kita Lagi

1612
SHARE
via Republika

Heronesia.com –¬†Kalau saya amati Ahok itu ternyata sangat menguasai sekali pengetahuan mengenai dinamika politik dan pemerintahan Indonesia pasca reformasi 1998. Sayang sekali kalau kita tidak berjuang habis-habisan untuk mengorbitkannya kembali ke panggung politik Indonesia.

Ini serius saya katakan, dan saya tidak mengada-ada. Jika bangsa ini ingin melihat dan merasakan dahsyatnya pengaruh Gerakan Reformasi 1998, yang semenjak tahun 1998 hingga 2017 ini belum sepenuhnya kita lihat dan rasakan manfaatnya, maka berilah kesempatan pada Ahok untuk mewujudkannya.

Setidaknya ada beberapa alasan yang bisa saya kemukakan disini, kenapa Ahok harus kita orbitkan kembali untuk menjadi pemimpin di negeri ini yang dapat bersinergi dengan Jokowi:

Pertama, sebagaimana saya dan kawan-kawan lainnya yang pernah turut serta mempelopori Gerakan Reformasi 1998, dan salah satu generasi pertama aktivis politik Indonesia yang mendirikan Partai Politik baru di awal munculnya sistem multi partai di Indonesia menjelang Reformasi 1998, Ahok ternyata juga salah seorang yang turut aktif di kepengurusan partai baru (Partai Indonesia Baru/PIB) yang diprakarsai oleh seorang ekonom ternama Indonesia, yakni alm. Dr. Sjahrir.

Saya sendiri menjelang dan sesudah Reformasi ’98 juga menjadi ketua se Jawa Barat Partai Uni Demokrasi Indonesia (PUDI) yang diprakarsai oleh Dr. Ir. Sri Bintang Pamungkas, dan saya sempat pula jadi pengurus di beberapa Parpol lainnya seperti PKB di Pemilu 2004 dan Hanura di Pemilu 2009. Bedanya dari dulu hingga hari ini saya masih tetap berjuang di luar sistem, sedangkan Ahok selalu berjuang di dalam sistem (pemerintahan) karena Ahok telah beberapa kali tercatat sebagai Kepala Daerah dan anggota DPR RI serta DPRD.

Kedua, berbeda dengan beberapa teman-teman aktivis lainnya yang pernah menjadi anggota dewan (DPR RI dan DPRD), serta pernah menjadi Kepala Daerah namun kemudian bermasalah dengan hukum (terlibat korupsi dan tindakan asusila), Ahok dalam track record perjalanan karier politiknya tercatat bersih alias tidak meninggalkan kasus kriminal apapun, selain kasus penistaan agama yang proses hukumnya sangat kental dengan aroma politiknya daripada hukumnya, hingga kasus tersebut sangat kontroversial di mata publik. Mulus atau bersihnya rekam jejak karier politik Ahok yang jauh dari korupsi dan tindak asusila ini, adalah modal utama dan penting dari seorang pemimpin yang tegas dan berani.

Ketiga, Ahok itu sosok yang peduli dan pemberani. Dalam fakta perjalanan karier politiknya, Ahok kemudian memang dikenal tidak hanya sebagai sosok pejabat dan politisi yang bersih namun Ahok juga dikenal sangat peduli dan pemberani. Atas kepedulian Ahok terhadap nasib orang-orang yang lemah, kepedulian Ahok terhadap nasib masa depan bangsa dan negara, Ahok telah berani menghadapi tantangan-tangan politiknya yang sangat beresiko tinggi. Saya mau bertanya pada para pembaca, adakah sosok manusia di negeri ini yang pernah didemo orang sebanyak orang yang mendemo Ahok? Bahkan saya sebagai salah satu pelaku dan saksi sejarah kejatuhan Rezim Soeharto di tahun 1998, saya berani katakan bahwa rakyat yang mendemo Soeharto tidak sebanyak orang yang mendemo Ahok !

Hebatnya lagi, para pendukung Ahok juga tidak kalah banyaknya, mereka tidak hanya ada di dalam negeri namun juga bertebaran di luar negeri. Inilah efek dari kebersihan, kepedulian dan keberanian Ahok, hingga telah memunculkan jutaan musuh sekalgus para pendukungnya. Sangat fenomenal !. Bung Karno pernah didemo, Soeharto pernah didemo, Habibie pernah didemo, Gus Dur pernah didemo, Megawati pernah didemo, SBY pernah didemo, Jokowi pernah didemo, namun ingat beliau semua adalah orang Islam dan punya partai politik atau Ormas, juga presiden yang mempunyai banyak wewenang dan kekuatan pendukungnya, lha kalau Ahok? Sudah bukan orang Islam, keturunan China, tidak mengusai parpol dan tidak mempunyai Ormas, tapi keberaniannya nyaris belum ada yang menandingi. Luar biasa bukan sosok satu ini?

Oleh karena itu, adalah suatu bencana besar bagi negeri ini apabila menyia-nyiakannya, apalagi menghukumnya. Bencana besar bukan hanya karena Ahok tidak mempunyai kesalahan apa-apa, tetapi juga karena Ahok adalah sosok manusia, anak bangsa negeri ini yang memiliki berbagai potensi luar biasanya.

Saya sebagai orang muslim merasa malu karena saya belum melihat ada sosok pemimpin muslim di negeri ini yang bisa mengungguli atau setidaknya menyamainya kecuali Jokowi jika itu benar adanya. Dan saya sebagai Rakyat Indonesia sekaligus sebagai salah satu pelaku dan saksi pergerakan Reformasi 1988, sangat bangga terhadap ketangguhan kemampuan managerialnya, serta kecerdasannya dalam merealisasikan ide-ide perubahannya.

Ahok itu Mutiara Reformasi Indonesia ! Selamatkanlah dia ! Orbitkan kembali Ahok sebagai salah satu pemimpin besar negeri kita ! Mari kita perjuangkan kembali mulai detik ini !. Wassalam…

 

 

(Visited 9 times, 1 visits today)
loading...