Jumat, 24 November 2017

All-New Rush Andalan Toyota Hadapi Mitsubishi Xpander

toyota, rush, xpander,
Photo Dok: TAM

Heronesia.com - Toyota mengungkapkan, All-New Rush yang belum lama ini diluncurkan merupakan 'senjata' mereka untuk menghadapi Mitsubishi Xpander.

Toyota meluncurkan All-New Rush, Kamis (23/11/2017). Sport utility vehicle (SUV) tersebut didistribusikan mulai Januari dan belum memiliki harga pasti. Namun, Toyota memperkirakan banderolnya hanya akan naik sekitar Rp3 juta saja dari harga Rush generasi lama.

Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata, menegaskan All-New Rush merupakan andalan mereka untuk menyaingi kepopuleran Xpander, meski kedua model tersebut tak berhadap-hadapan secara langsung di segmen yang sama.

"Ini 'senjata' kami untuk berhadapan dengan Xpander. Kami pikir Xpander merupakan model yang bagus dan kami menghormatinya," kata Nakata usai peluncuran All-New Rush.

"Perbedaannya (antara All-New Rush dengan Xpander) adalah DNA SUV sesungguhnya pada All-New Rush. Ini keunggulan model kami," sambung dia.

Sekadar diketahui, Xpander yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada 10 Agustus lalu dengan harga on the road Jakarta Rp189-Rp245 juta, adalah mobil yang diposisikan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Namun, desain dari Xpander sengaja dibuat untuk teramat mirip dengan SUV, sehingga dinilai berpotensi pula menggaet konsumen-konsumen SUV dengan harga di bawah Rp300 juta.

Mitsubishi mengklaim bahwa Xpander menggabungkan DNA SUV dengan fungsionalitas sebuah MPV. Target penjualan Xpander untuk tahun ini ialah 3.000-4.000 unit per bulan di tahun ini, dan 5.000 unit per bulan di tahun depan.

Usaha Toyota untuk menangkal kepopuleran Xpander terlihat dari perubahan kapasitas penumpang All-New Rush dari awalnya lima orang menjadi tujuh orang. Demi memperbesar kapasitasnya, panjang bodi All-New Rush juga bertambah panjang 230 mm. Ground clearance juga bertambah menjadi 220 mm.

All-New Rush, yang tampangnya berubah total jika dibandingkan dengan generasi terdahulunya, dijual di Indonesia dalam dua varian yaitu G dan TRD Sportivo. Fitur-fitur standarnya juga berlimpah yaitu Start/Stop Button, Rear Parking Camera, tombol pengaturan audio pada setir, 6 SRS Airbag, Vehicle Stability Control, 7 Seat Belt Indicators, Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Hill Start Assist, dan Emergency Brake Signal.

"Dengan adanya versi All-New ini, kami ingin meningkatkan penjualan Rush menjadi 2.500 unit per bulan, dari rata-rata 1.700-1.800 unit per bulan di tahun ini," tandas Nakata.

Sebanyak sekitar 80 persen, menurut dia, diperkirakan disumbangkan oleh varian TRD Sportivo. (suara)
Next article Next Post
Previous article Previous Post