Jumat, 03 November 2017

Survei CSIS: Generasi milenial ingin figur baru di Pilpres seperti Nama-Nama Berikut ini


susi, ahok, ridwan kamil

Heronesia.com - Center of Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil elektabilitas calon Presiden di generasi milenial. Hasil survei mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) unggul sebesar 33,3 persen.

Dalam survei itu juga sempat muncul beberapa nama calon yang dianggap memiliki popularitas tinggi untuk menjadi Presiden yang berpotensi dipilih oleh generasi milenial. Mulai dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menempati posisi kedua, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di posisi tiga, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di posisi keempat, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo dan juga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purmana ( Ahok) di posisi kelima.


Menurut peneliti CSIS, Arya Fernandes mengatakan bahwa saat ini masyarakat khususnya generasi milenial menginginkan adanya pemimpin baru. Sebab itulah muncul nama-nama seperti Ridwan Kamil, dan juga Jenderal Gatot Nurmantyo hingga Ahok.

"Mencolok adalah Ahok di kalangan milenial popularitasnya cukup besar, HT (Hary Tanoe), RK (Ridwan Kamil), Susi (Susi Pujiastuti). Pemilih milenial sudah mulai bosan dengan figur lama. Mereka cari figur baru. Nama-nama baru seperti Ridwan Kamil, Susi, Ahok, tingkat pengenalan di milenial lebih besar dari non milenial," ujarnya.

Survei ini dilakukan sejak tanggal 23 sampai dengan 30 Agustus 2017 dengan mengambil suara melalui 600 responden yang berusia 17-29 tahun. Margin of erorr sebesar lebih kurang 4 persen. Responden penelitian juga dipilih secara acak (multistage random sampling) dari 34 provinsi Indonesia.

Selain itu, nama Agus Harimurti juga dipertimbangkan. Sebab saat ini masyarakat juga menginginkan sosok yang muda.

"13 persen milenial mengaku akan pilih Demokrat. 3-5 tahun ke depan Demokrat akan agresif karena ada ikon AHY (Agus Harimurti Yudhoyono). Gerindra enggak ada ikon milenial," ucapnya.

Kendati demikian, menurut survei CSIS persaingan ketat akan terjadi antara pemegang posisi pertama dan kedua yaitu Jokowi dan Prabowo. Jokowi dan Prabowo menjadi yang terkuat untuk maju di Pilpres 2019 mendatang dengan persentase 33,3 dan 25,0 di kalangan generasi milenial.


Sumber: merdeka
Next article Next Post
Previous article Previous Post