Sabtu, 03 Februari 2018

PSMS Medan Lolos ke Semifinal Usai Kalahkan Persebaya Lewat Adu Pinalti

bola, olahraga

Heronesia.com - Persebaya Surabaya harus mengakhiri kiprah di Piala Presiden 2018 setelah menjalani laga dramatis kontra PSMS Medan di perempat final Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/2/2018). Sempat tertinggal dan mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3, Persebaya akhirnya tersingkir karena kalah melalui drama adu penalti.

PSMS Medan langsung meraih keunggulan saat pertandingan baru berjalan empat menit melalui gol yang dicetak oleh Wilfreid Yessoh. Berawal dari serangan balik cepat yang dilakukan Antoni Putro di sisi kanan, pemain muda PSMS itu melepas umpan yang disambut Wilfreid Yessoh dengan tandukan kepala.


Tertinggal satu gol membuat anak-anak Persebaya begitu agresif melakukan serangan. Permainan agresif yang diperlihatkan anak asuh Angel Alfredo Vera pun menyamakan kedudukan setelah wasit Thoriq Alkatiri memberikan penalti usai Ricky Kayame dilanggar kiper PSMS, Abdul Rohim. Irfan Jaya yang mengambil eksekusi berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Namun, PSMS kembali unggul 2-1 sebelum babak pertama berakhir melalui gol yang dicetak Sadney Urikhob. Pemain asal Namibia itu berlari cepat dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau kiper Persebaya, Miswar Saputra. PSMS Medan pun menutup 45 menit pertama dengan posisi unggul.

PSMS semakin menggila di babak kedua. Belum sampai 30 detik babak kedua dimulai, tim berjulukan Ayam Kinantan menambah pundi-pundi gol melalui gol cantik yang dicetak Frets Butuan. Mengecoh salah satu pemain bertahan Persebaya, Frets melepaskan tembakan keras yang membentur tiang sebelum merobek jala gawang Persebaya.

Namun, tertinggal dua gol tak membuat Persebaya melemah dan mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-65 melalui gol yang diciptakan Ferinando Pahabol. Pemain bertubuh mungil ini memperlihatkan kecepatannya dalam sebuah skema serangan balik, mengecoh bek PSMS di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan dengan kaki kiri yang tak mampu dihalau Abdul Rohim.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Persebaya akhirnya bisa kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui gol tembakan roket yang dilepaskan oleh Nelson Alom. Pemain asal Papua itu memanfaatkan bola rebound yang keluar dari kotak penalti dan mengarah tepat di depannya. Tembakan keras yang dilepaskannya menghujam jala gawang PSMS tanpa bisa dihalau pemain bertahan maupun kiper lawan.

Ketika laga berjalan 90 menit penuh, kedudukan imbang 3-3 tidak berubah. Pertandingan yang sudah berjalan sangat dramatis itu pun langsung dilanjutkan dengan adu penalti tanpa perpanjangan waktu.

Proses adu penalti antara Persebaya dan PSMS pun berlangsung dramatis. Kedua tim sama-sama hanya berhasil mencetak dua gol dalam lima tendangan utama. Dua gol PSMS dicetak Legimin Raharjo dan Wilfreid Yessoh. Sementara dua gol Persebaya dicetak oleh Misbakul Solikin dan Fandry Imbiri.

Memasuki eksekusi tambahan hingga tendangan ketujuh, kegagalan Osvaldo Haay menaklukkan kiper PSMS Medan, Abdul Rohim, menjadi akhir dari drama yang terjadi di Stadion Manahan, Solo. Persebaya pun harus merelakan satu tempat yang harusnya mereka raih menjadi milik PSMS Medan.

Kemenangan atas Persebaya, membuat PSMS lolos ke semifinal Piala Presiden dan menunggu pemenang antara laga Mitra Kukar kontra Persija Jakarta yang baru digelar pada Minggu (4/2/2018) sore.

source: bola
Next article Next Post
Previous article Previous Post