Minggu, 24 Desember 2017

Banser Ikut Amankan Gereja di Malam Natal

natal, banser

Heronesia.com - Sejumlah anggota Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) nampak bersiaga di depan gereja pada Minggu (24/12/2017). Mereka diperbantukan untuk mengamankan misa di malam Natal.

Komandan Banser Jakarta Utara, Arif Rahman Hakim mengatakan, sekitar 100 personel banser bersiaga di depan Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

"Semua dari DKI Jakarta. Jakarta Utara, Barat, Selatan, Timur, dan Pusat," ujar Arif saat ditemui di depan Gereja Katedral, Jakarta, Minggu malam.

Pasukan yang menggunakan seragam lengkap loreng-loreng khas tentara itu mendapat perintah langsung dari komandan pusat untuk terjun ke lapangan. Arif mengatakan, pengamanan dilakukan hingga hari H perayaan natal, Senin (25/12/2017).

Setiap tahunnya, Banser selalu dikerahkan untuk membantu pengamanan gereja saat natal. Mereka juga mengatur lalu lintas di depan gereja yang cukup padat karena banyaknya jamaat yang masuk dan keluar rumah ibadah.

Arif mengatakan, bantuan Banser menjaga gereja saat natal akan berpengaruh pada ketahanan NKRI.

"Dengan adanya Banser di Gereja, maka orang-orang yang akan mengganggu NKRI ini takut, karena ada Banser," kata Arif.

Anggota Banser Jakarta Selatan Abdul Rosyid mengatakan, di Gereja Katedral, ada sekitar 50 personel yang bersiaga. Mereka dibagi di tiga tempat, yakni pintu masuk, pintu keluar, dan pintu VIP.

"Kami standby dari jam 15.00 WIB. Cuma resmi jagain sejak misa pertama jam 17.00 WIB," kata Abdul.

Tak hanya di Katedral, Banser juga dikerahkan di sejumlah gereja di Jakarta, seperti Gereja Immanuel dan Gereja HKBP Menteng. Untuk malam ini, mereka siaga hingga misa terakhir usai sekitar pukul 00.00 WIB.


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post