Senin, 29 Januari 2018

Prabowo Sebut Verifikasi Faktual Bentuk Kontrol Kepada Partai Politik


prabowo, partai politik

Heronesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan verifikasi faktual di beberapa partai politik salah satunya di DPP Partai Gerindra yang berlokasi di Ragunan, Jakarta Timur. Pelaksanaan verifikasi faktual dipimpin langsung Ketua KPU RI, Arief Hidayat dan dihadiri pula Ketua Bawaslu RI, Abhan.

Menanggapi proses verifikasi faktual ini, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyampaikan verifikasi merupakan bentuk kontrol KPU terhadap partai politik. Dengan demikian, parpol harus tertib administrasi maupun organisasi.


"Kita sangat berterima kasih juga kepada KPU dan Bawaslu karena mekanisme verifikasi itu juga semacam kontrol kepada kami. Jadi kami terpaksa harus tertib administrasi, tertib organisasi dan sebagainya," jelasnya.

Prabowo berharap proses verifikasi faktual Partai Gerindra mulai dari tingkat DPP sampai tingkat DPD berjalan lancar. "Insya Allah semua berjalan lancar dan kita menunggu keputusan KPU tanggal 17 Februari. Saya kira semua lancar. Mudah-mudahan tertib semuanya," tutupnya.

Sementara itu Ketua KPU RI, Arief Hidayat menyampaikan proses verifikasi diberlakukan sama untuk seluruh partai politik. Untuk hasil verifikasi lima partai yang dilaksanakan pada Minggu (28/1), Arief menyampaikan secara umum sudah terpenuhi.

"Cuma ada satu-dua yang belum bisa dinyatakan memenuhi syarat karena baru akan dilengkapi hari ini," jelasnya.

Hari ini KPU melaksanakan verifikasi faktual terhadap tujuh parpol; Gerindra, PKB, PDIP, PPP, Golkar, PKS, dan PKPI. Sedangkan pada hari Minggu kemarin, lima partai yang diverifikasi yaitu; Nasdem, PBB, PAN, Hanura, dan Demokrat.

Hasil verifikasi hari ini, Arief mengatakan belum bisa mengambil kesimpulan karena prosesnya sedang berlangsung. "Jadi kita tunggu dulu nanti malam jam 07.00 baru akan melakukan evaluasi terhadap hasil verifikasi yang dilakukan hari ini," ujarnya.

Jika masih ada persyaratan yang belum lengkap dari tujuh parpol ini, mereka masih bisa melengkapi sampai Selasa (30/1) besok.

"Berdasarkan jadwal masih bisa dilengkapi sampai besok. Kalau sampai besok belum bisa, masih ada masa perbaikan. Kami berharap tujuh partai politik yang diverifikasi hari ini semua lengkap," tandasnya.

Ketua Bawaslu RI, Abhan menyampaikan dalam proses verifikasi faktual pihaknya harus ikut memastikan semua berjalan sesuai peraturan yang berlaku. "Memastikan berjalan sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang disusun oleh KPU," ujarnya singkat. (merdeka)


Next article Next Post
Previous article Previous Post