Senin, 09 Juli 2018

Setelah Diselamatkan dari Dalam Gua, Bocah Thailand Minta Dibuatkan Nasi Goreng


musibah, terjebak, dunia

Heronesia.com - Keempat anak laki-laki yang pertama kali diselamatkan dari dalam gua di Thailand saat ini berada dalam kondisi sehat. Mereka juga sempat minta dibuatkan nasi goreng setelah dua pekan terjebak tanpa makan makanan layak.

"Keempat anak itu baik-baik saja. Tapi mereka mengeluh lapar dan minta dibuatkan nasi goreng basil," kata kepala operasi penyelamatan, Narongsak Osotthanakorn, dikutip dari Straits Times, Selasa (10/7).

Meski kondisi mereka dipastikan baik-baik saja, namun anak-anak tersebut masih harus menjalani serangkaian pemeriksaan medis.

"Pada umumnya anak-anak itu kuat dan baik-baik saja. Tetapi saat ini mereka masih berada dalam pengawasan medis yang ketat. Mereka perlu menjalani lebih banyak tes medis," jelas Menteri Dalam Negeri Anupong Paochinda.

Di rumah sakit Chiang Rai, staf memasang tirai hijau di bagian pintu dan jendela agar tidak terlihat dari luar. Pemeriksaan ini sifatnya tertutup bahkan pihak keluarga pun belum boleh menjenguk anak-anak mereka.

Menurut keterangan staf medis yang tergabung dalam misi penyelamatan, pemeriksaan pertama yang dilakukan kepada anak-anak tersebut saat tiba di rumah sakit berfokus pada pernapasan, tanda hipotermia, dan infeksi paru-paru udara atau 'penyakit gua'.

Dari semua diagnosis, tim medis lebih menitikberatkan pada penyakit gua yang bisa disebabkan oleh kelelawar dan kotoran burung. Penyakit ini bisa berakibat fatal dan menyebar ke bagian tubuh lain jika tidak diobati dengan segera.

Saat ini tersisa lima orang yang masih terjebak dalam gua. Empat bocah pertama dikeluarkan pada Minggu (8/7) sedangkan empat bocah tahap dua dikeluarkan kemarin. Saat ini operasi penyelamatan masih ditunda karena tim penyelamat sedang mempersiapkan diri dan mengisi tanki oksigen. (merdeka)


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post