Minggu, 30 September 2018

BMKG Umumkan Gunung Kerinci Di Jambi Status Waspada, Warga Diimbau Jauhi Radius 3 Km dari Kawah




Bruniq.com - Gunung Kerinci berstatus waspada setelah sempat mengeluarkan abu vulkanik sejak dini hari. Warga diimbau tetap tenang dan tak beraktivitas di radius 3 Km dari kawah.

"Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing dengan isu-isu letusan. Diharap selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat," kata Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Pemerintah Provinsi Jambi, Johansyah, Sabtu (29/9/2018) malam.


Sebelumnya, Gunung Kerinci, Jambi, disebut mengalami erupsi sejak Sabtu (29/9) dini hari dengan mengeluarkan abu vulkanik. Hal itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha BMKG Jambi, abu vulkanik terlihat sejak Sabtu (29/9/2018) pukul 01.30 WIB dini hari.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyatakan sempat sempat terjadi gempa vulkanik dangkal di sekitar Gunung Kerinci. Warga diminta menjauh dari kawah sebagai langkah pencegahan.

"Berdasarkan Sigmet dan VAAC, teramati erupsi abu vulkanik Gunung Kerinci pada lapisan permukaan dengan ketinggian mencapai 1.400 m disertai kecepatan 5 knot. RGB Citra Satelit cuaca Himawari diperbarui sekitar pukul 10.30 WIB hingga siang ini abu vulkanik tidak terdeteksi karena wilayah gunung Kerinci tertutup awan," tulis BMKG dalam keterangan tertulis. 


Next article Next Post
Previous article Previous Post