Sabtu, 29 September 2018

Ini Perintah Dan Gerak Cepat Presiden Jokowi Mengatasi Tsunami Di Donggala-Palu



Heronesia.com - Presiden Joko Widodo langsung bergerak cepat mengatasi bencana tsunami di Donggala, Palu dengan memerintahkan Menkopolhukam Wiranto untuk mengkoordinasikan jajarannya baik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI untuk melakukan penanganan darurat atas peristiwa ini.
"Saya telah perintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan BNPB. Saya sudah telepon tadi ke panglima TNI untuk bersama-sama menangani terutama yang berkaitan dengan penanganan darurat baik pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan," jelasnya.

"Setiap menit, setiap jam, saya selalu mengikuti peristiwa yang terjadi dari sini. Saya berharap setelah mendapat penjelasan secara penuh baru menentukan rencana.”

Presiden juga mengimbau masyarakat disekitar lokasi kejadian untuk tetap tenang namun senantiasa menjaga kewaspadaan terhadap gempa susulan yang mungkin saja terjadi.

"Seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada. Kita berharap ini segera bisa diselesaikan bersama-sama," ujar Presiden.

Pesawat transport berat C-130 Hercules TNI AU dari Skuadron Udara 31 TNI AU dan Skuadron Udara 32 TNI AU diberangkatkan dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma menuju lokasi.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan, unsur TNI yang diberangkatkan adalah personel batalion zeni tempur Kostrad, KRI dr Soeharso-990, dan batalion kesehatan Korps Marinir TNI AL.

"Untuk alat-alat berat, sedang disiapkan dan segera diberangkatkan. Yang penting personelnya dulu dan terkait kesehatan. Ada dukungan pokok dulu, di antaranya rumah sakit lapangan," katanya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post