Sabtu, 29 September 2018

Jembatan Kuning Ikon Palu Ini Hancur Akibat Gempa, Ini Kondisinya Sebelum Dan Sesudah Gempa




Heronesia.com Gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Donggala, Sulteng meluluhlantakkan sejumlah bangunan. Salah satunya Jembatan Kuning Ponulele yang menjadi ikon kota Palu. 

Berdasarkan foto dan video yang dilihat detikcom dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kondisi jembatan hancur. Jembatan terkena terjangan tsunami yang dahsyat. 




Kondisi sebelum dan setelah gempa 7,7 SR di Donggala yang berdampak hancurnya jembatan Ponulele di Kota Palu. Sumber gempa berasal dari Sesar Palu Koro yang aktif bergerak dan melintasi Kota Palu.



Tak cuma jembatan, permukiman yang berada di dekat Jembatan Kuning Ponulele juga ikut hancur.

"Kondisi jembatan Ponulele di Kota Palu yang hancur akibat gempa 7,7 SR. Jembatan ini sebelumnya sebagai icon Kota Palu. Kondisinya hancur. Pascagempa tsunami menerjang pantai sekitarnya. Permukiman di bawah hancur dan terbawa tsunami," tulis Sutopo di Twitter, dilihat detikcom pada Sabtu (29/9/2018).




Kondisi jembatan Ponulele di Kota Palu yang hancur akibat gempa 7,7 SR. Jembatan ini sebelumnya sebagai icon Kota Palu. Kondisinya hancur. Pascagempa tsunami menerjang pantai sekitarnya. Permukiman di bawah hancur dan terbawa tsunami.



Akibat gempa dan tsunami di Donggala, Sulteng, sebanyak 30 orang meninggal. Korban tersebut berdasarkan yang tercatat di rumah sakit Budi Agung Palua dan Bhayangkara. 

Data disampaikan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sulawesi Tengah, dr I Komang Adi Sujendra melaluia video yang diposting di Twitter PB IDI (@PBIDI). 

"Dari rumah sakit Budi Agung, rumah sakit Bhayangkara, jumlah korban meninggal yang ada di kami saat ini ada 30 orang," ujar Komang di video.

Jembatan Kuning Ponulele berada di Talise. Jembatan ini menjadi salah satu destinasi yang biasanya dikunjungi wisatawan di Palu. Jembatan Kuning juga merupakan jembatan lengkung pertama yang ada di Indonesia.


Next article Next Post
Previous article Previous Post