Selasa, 25 September 2018

Majelis Etik Golkar Akan Panggil Caleg Pendukung Prabowo-Sandiaga


golkar, politik

Heronesia.com - Majelis Etik Partai Golkar disebut bakal memanggil sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang membentuk dan mendeklarasikan Golkar Prabowo-Uno (Go Prabu), kelompok pendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Nanti Majelis Etik akan memanggil mereka dan dimintai klarifikasi," kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (25/9).

DPP Golkar, kata Ace, telah mengidentifikasi caleg yang terekam melalui sebuah video mendeklarasikan Go Prabu. Menurutnya, hanya ada dua caleg yang mengikuti deklarasi tersebut.

"Satu saudara Cupli Risman, dia adalah caleg DPRD DKI, itu pun caleg cadangan dan dia nomor 10. Kedua adalah Fadli Alimin, dia adalah caleg DPR RI Jatim 5 kalau tidak salah dan nomor 7. Jadi hanya dua orang itu," katanya.

Dengan demikian, kata Ace, deklarasi yang diinisiasi dua caleg tersebut tidak berkaitan dengan sikap partai karena tidak merepresentasikan 575 orang caleg Golkar DPR RI dan puluhan ribu caleg Golkar di tingkat DPRD baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Partai Golkar, lanjutnya, tetap solid mendukung Joko Widodo yang telah ditetapkan melalui Munaslub 2017, sekaligus pasangannya Ma'ruf Amin.  "Oleh karena itu seperti yang saya katakan ini, anggap angin lalu saja. Kenapa? Karena tidak mencerminkan sama sekali sikap resmi partai," ujarnya.

Nantinya, Ace menambahkan Majelis Etik Golkar akan menyiapkan sistem untuk mengantisipasi para caleg yang tidak mematuhi keputusan partai.

Sedangkan, untuk status Cupli dan Fadli akan dikaji lebih lanjut terkait kedudukannya sebagai daftar caleg tetap.

"Kami lihat kajian hukumnya. Kalau sudah terdaftar DCT, apakah dimungkinkan atau tidak. Karena setahu saya bagaimanapun kan partai memiliki otoritas, setiap kader," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah caleg asal Partai Golkar yang mengatasnamakan Forum Caleg Golkar mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dengan membentuk Go Prabu. Deklarasi yang dilakukan di sebuah hotel bilangan di Jakarta itu diketahui melalui sebuah video beredar dalam grup pesan aplikasi WhatsApp. Video itu kemudian telah dikonfirmasi ke salah satu pengurusnya.

"Tadi kan dalam deklarasi saya sebagai salah satu koordinator nasional, kebetulan saya caleg DPRD DKI Jakarta, udah DCT (daftar caleg tetap). Ini kita merespons situasi yang berkembang baik di tingkat elite maupun grasroot," kata Koordinator Nasional Go Prabu Cupli Risman.


Next article Next Post
Previous article Previous Post