Rabu, 26 September 2018

Tanggapi Soal Yenny Wahid Dan Keluarga Gusdur Akhirnya Dukung Jokowi-Ma'ruf, Kubu Prabowo Bilang Begini




Heronesia.com - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno legawa Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid alias  Yenny Wahid melabuhkan dukungan politiknya untuk pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'aruf Amin. "Kita hormati pilihan politiknya. Tentu Mbak Yenny memiliki pertimbangan," kata Eddy kepada Tempo di Jakarta, Rabu sore, 26 September 2018.
Eddy mengakui, bila Yenny merapat ke kubu Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, kantong-kantong dukungan dari Gusdurian, khususya daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, cukup besar. Suara kelompok Nahdlatul Ulama pun diduga bakal memberi efek cukup signifikan bagi pasangan capres nomor urut 02 itu.

Namun, keputusan Yenny memilih mendukung kubu oposisi tak bisa ditampik. Bahkan, menurut Eddy, telah diperhitungkan sebelumnya. "Karena itu kami memiliki fokus juga untuk ke kelompok-kelompok lain," kata Eddy.

Eddy berdalih Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga Uno memiliki strategi khusus untuk pemilihan presiden 2019. Misalnya, ujar dia, tidak memperhitungkan variabel yang belum pasti dapat menyumbangkan suaranya, seperti dari Yenny dan keluarga. "Kami menghitung variabel yang pasti-pasti saja, seperti dari emak-emak," ujarnya.

Senada dengan Eddy, politikus Gerindra Sufmi Dasco Ahmad turut menghormati keputusan putri kedua Gusdur itu. "Ya kalau keputusanya begitu kami terima. Tidak masalah. Namanya juga dukungan politik," ucapnya.

Hanya, Dasco membayangkan bila Yenny merapatkan dukungan untuk Prabowo-Sandiaga, kubunya akan lebih baik. Musababnya, Dasco mengklaim Koalisi Adil Makmur memiliki visi-misi yang sejalan dengan pemikiran-pemikiran Abdurahman Wahid alias Gus Dur.

Yenny Wahid memang telah resmi menyatakan dukungannya untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada pilpres 2019. Yenny mengumumkan dukungannya di rumah pergerakan Gus Dur yang berada di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 26 September 2018. "Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kami akan mendukung pasangan nomor urut 1. Bismillah, Presiden Jokowi akan memimpin kita kembali," ujar Yenny.


Next article Next Post
Previous article Previous Post