Senin, 01 Oktober 2018

Syukurlah, Menteri Wiranto Ungkap Bahwa Banyak Sekali Negara yang Menawarkan Bantuan Ke Korban Gempa Di palu



Heronesia.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengatur masuknya bantuan dari negara lain untuk bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Nanti kita rapatkan, negara yang menawarkan sudah banyak, banyak sekali," kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/10/2018).
Wiranto mengatakan, tawaran bantuan datang dari negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, maupun dari kawasan Eropa hingga Amerika.

Hari ini, rencananya Wiranto akan bertemu duta besar dari negara-negara tersebut.

"Hari ini kita memanggil para dubes untuk membicarakan bantuan apa yang bisa ditawarkan dan kita juga sudah punya target-target hal-hal yang dibutuhkan dalam rangka penanganan pengungsi itu," kata Wiranto.

Kendati Indonesia terbuka menerima bantuan dari negara lain, namun Wiranto menegaskan bahwa status bencana gempa dan tsunami di Sulteng belum naik menjadi bencana nasional.

"Bukan bukan. Ini tidak bicara status, ini bicara soal kebutuhan," kata dia.

Gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang diikuti tsunami terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat lalu.
Next article Next Post
Previous article Previous Post