Selasa, 04 Desember 2018

Menguak Misteri Kraken, Legenda Monster Laut Skandinavia yang Mendunia




Heronesia.com - Kraken mungkin adalah monster terbesar yang pernah dibayangkan oleh manusia. Dalam cerita rakyat di kawasan Nordik (Eropa Utara), makhluk ini dikatakan menghantui lautan dari Norwegia hingga Islandia, dan sampai ke Greenland.

Menurut legenda, Kraken diyakini mampu menghancurkan kapal. Hal tersebut diyakini dari banyaknya laporan ilmiah kelautan (pseudoscientific) --termasuk arsip resmi beberapa angkatan laut-- yang mengatakan makhluk mitologi itu dipastikan menyerang dengan kuat, jika sudah di depan mata.
Dikutip dari Independent.co.uk pada Senin (3/12/2018), jika gagal menyerang kapal, Kraken disebut akan berenang berputar-putar di sekitarnya, menciptakan pusaran yang dahsyat untuk menyeret apapun ke dalam lautan.

Ungkap Misteri Keberadaan Monster Loch Ness, Ilmuwan Buru DNA di Danau Skotlandia
Legenda mengatakan bahwa Kraken sangat haus akan daging sebagai sumber makanannya, dan ketika menyerang kapal, monster tersebut mampu melahap seluruh awaknya sekaligus.

Tetapi terlepas dari reputasinya yang menakutkan, monster ini juga bisa membawa manfaat. Salah satunya adalah kepercayaan tentang sekumpulan ikan yang mengikuti di atas punggungnya, dan akan muncul di permukaan air laut ketika makhluk misterius itu bereaksi.

Dengan demikian, para nelayan yang berani bisa mengambil risiko dengan mendekati binatang buas itu untuk mendapatkan tangkapan yang besar.

Jika ditilik jauh dari sejarahnya, kisah tentang Kraken pertama kali ditulis pada 1180 tahun silam oleh Raja Sverre dari Norwegia. Seperti banyak legenda, Kraken mulai menampakkan diri dengan tampilan yang nyata, berdasarkan penampakan binatang sungguhan, cumi-cumi raksasa.

Untuk para navigator kuno, laut dinilai sangat berbahaya, menyembunyikan segerombolan monster di kedalamannya yang tak terbayangkan. Setiap perjumpaan dengan hewan yang tidak dikenal bisa mendapatkan sisi mitologis dari cerita para pelaut. Dari situ lah, semua kisah misterius tentang makhluk ini berkembang hingga era modern.


Next article Next Post
Previous article Previous Post