Selasa, 11 Desember 2018

Sosok Egianus Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata Papua di Mata Hendropriyono


egianus, pembunuhan

Heronesia.com - Egianus Kogoya menjadi orang nomor satu yang bertanggung jawab atas penyerangan pekerja Trans Papua. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dipimpinnya menembak mati sejumlah pekerja Trans Papua.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono mengetahui sosok Egianus Kogoya. Menurut dia, Egianus merupakan sempalan dari Kelly Kwalik yang merupakan pemimpin separatis senior dan komandan dari sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kelly tewas pada 2009 dalam serangan polisi di Timika, Papua. Setelah Kelly tewas, Egianus kemungkinan membuat kelompok sendiri.

"Kalau yang saya ingat, Egianus ini bagian dulu yang menyempal Kelly Kwalik. Dia bikin kelompok sendiri," ucap Hendropriyono saat ditemui di Sespim Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (11/12/2018).

Hendropriyono mengatakan kelompok ini merupakan kelompok petualang. Ia menilai mereka beraksi bukan untuk kepentingan banyak orang, melainkan hanya untuk diri sendiri dan kelompoknya.

Menurut dia, kelompok tersebut berjumlah tak lebih dari 50 orang. "Mereka semua bukan untuk bangsa, suku dan daerah. Untuk dia sendiri dan untuk mereka sendiri. Jadi itu orang-orang enggak ada kerjaan," kata Hendropriyono.


Next article Next Post
Previous article Previous Post