Kamis, 28 Februari 2019

4,5 Tahun Bersama, JK Cerita Tentang Gaya Kepemimpinan Jokowi


jusuf kalla, jokowi

Heronesia.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengisahkan kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, selama 4 tahun bersama Jokowi, dia mengaku tidak pernah melihat sikap otoriter dari kepemimpinan Jokowi.

"Tapi saya jamin pengalaman 4 tahun dengan Jokowi, beliau tidak kepikiran otoriternya," katanya saat menjadi pembicara di CNBC Economic Outlook 2019, di Jakarta, Kamis (28/2).

Namun, dengan sikap kepemimpinan Jokowi yang tidak ingin berkuasa sendiri kadang-kadang justru membuat dirinya kerepotan. Sebab, hampir dalam satu minggu, kurang lebih 5 kali dilakukan rapat tentang pengambilan keputusan atau kebijakan.

"Yang repot kita apa saja dirapatkan. Sampah saja dirapatkan, rapat dua-tiga kali, apalagi soal pertumbuhan. Kadang kadang Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati) sibuk mencatat sampai lupa," kelakar JK yang kemudian disambut ketawa oleh para hadirin.

"Ini kadang-kadang 5 kali seminggu, tapi sekarang tidak karena beliau sering keluar daerah jadi aman-aman aja. Kita sekarang agak santai," tambah JK.

JK pun membandingkan gaya kepemimpinan yang dilakukan pada zaman Soeharto waktu itu. Dia mengatakan, sikap otoriter yang dilakukan pada masa itu, pengambilan keputusan atau rapat hanya dilakukan dalam waktu sebulan sekali.



Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post