Selasa, 12 Maret 2019

Andi Arief Sebar Foto Surat Suara yang Dibawa Truk Beraksara Asing, Ini Faktanya


andi arief, viral

Heronesia.com - Politikus Partai Demokrat Andi Arief kembali membaut kehebohan di dunia maya, setelah mengunggah foto yang menunjukkan badan truk kontainer bertuliskan aksara asing dan menangkut logistik KPU.

Foto tersebut lantas viral dan disebut-sebut membawa surat suara untuk Pemilu dan Pilpres 2019.

"Ini sudah dilaporkan ke KPU melalui seorang wartawan. KPU meminta membantu mencari data tentang ini, kapan dan dimana. Tugas KPU dan kita semua mencari kebenaran," tulis Andi Arief sebagai keterangan foto, Senin (11/3/2019).

Warganet lantas berspekulasi bahwa kontainer itu berasal dari China. Mereka mengira aksara pada kontainer itu adalah huruf China.

Sementara warganet lainnya menyanggah, mengatakan huruf pada kontainer tersebut adalah Kanji Jepang.

”Replying to @AndiArief__ Pasti yang curiga pada bilang itu truk Cina bawa surat yang sudah dicoblos. Padahal jelas tulisannya Jepang, dan biasa saja truk bekas Cina atau Jepang ada di Indonesia. Truk KPU jelas dikawal polisi soalnya bawa logistik. Susah memang kalo lawan orang curigaan melulu,” tulis akun Sam Kolik.

“Replying to @AndiArief__ Truck model sekend dari Jepang dengan kap samping buka otomatis itu di sepanjang pantura sudah banyak sejak dulu terutama di Jatim para pemilik usaha trucking. Mereka impor zaman Pak SBY masih berkuasa. Jadi ini hal lumrah,” tulis @ApriliaLin.

Untuk diketahui, dalam bodi truk kontainer tersebut, terdapat tulisan Kanji Jepang ”Go chui kudasai”, yang  dalam bahasa Indonesia berarti ”harap hati-hati”.

Sementara Anggota KPU Ilham Saputra menegaskan, foto yang diunggah Andi Arief tersebut adalah logistik surat suara di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

”Itu huruf Kanji. Truknya punya perusahaan yang menang pelelangan, PT Temprina Media Grafika. Tak ada surat suara dari China,” tutur Ilham.

Untuk diketahui, perempuan yang terdapat dalam foto tersebut adalah Ketua KPU Kulon Progo Ibah Mutiah. (Suara)



Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post