Jumat, 29 Maret 2019

Ma'ruf Amin Plesetkan Golput: Golongan Baju Putih


pilpres 2019

Heronesia.com - Capres nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengaku sudah mendengar candaan tentang istilah golput. Golput yang selama ini dikenal, ialah golongan putih atau orang yang dengan sengaja tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu.

Tetapi, ada golput lain, yaitu golongan berbaju putih.

Golongan berbaju putih mengacu pada seruan, supaya para pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Beramai-ramai mengenakan baju berwarna putih saat hari pencoblosan pemilu pada 17 April 2019.

"Golongan baju putih, supaya pada pencoblosan itu memakai baju putih, kemudian mencoblos yang pakai baju putih. Nah, jadi putih itu kita, istilahnya. Kita itu putih," kata Ma'ruf, saat ditemui di sela - sela kegiatannya di Yogyakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Jokowi sebelumnya menyerukan kepada pendukungnya lewat sebuah tulisan tangannya, agar mengenakan baju putih pada hari pencoblosan. Seruan itu, selaras dengan pakaian yang Jokowi dan Ma'ruf kenakan dalam foto surat suara pemilu.

Ma'ruf menegaskan, istilah golput telah menjadi pembeda dalam Pilpres 2019.

"Dan, itu kita putihkan pada 17 April di TPS (tempat pemungutan suara). Dalam arti yang positif," ujarnya.

Menggunakan hak pilih, katanya, adalah kewajiban jika ditinjau melalui sudut pandang keagamaan. Persoalan golput, mesti dilihat sebagai urusan moral, sehingga pendekatannya pun cara berbeda, bukan hukum.



Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post