Selasa, 02 April 2019

LSI: Jokowi - Ma'ruf Unggul Telak dari Prabowo - Sandiaga


pilpres 2019

Heronesia.com - Hasil sigi teranyar lembaga survei LSI Denny JA yang dirilis hari ini, Selasa, 2 April 2019 menemukan bahwa elektabiltas pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin masih lebih unggul daripada pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. 

Dalam survei itu, Jokowi - Ma'ruf mendapat elektabilitas 56,8 - 63,2 persen dan Prabowo - Sandi 36,8 - 43,2 persen.


"Tampilan angka elektabilitas masing-masing capres dibuat dalam bentuk range elektabilitas, karena LSI telah memperhitungkan angka elektabilitas masing-masing capres dengan margin of error survei dan asumsi golput yang terjadi secara proporsional," kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, saat menyampaikan rilis hasil surveinya di Jakarta, Selasa, 2 April 2019.

Ardian menambahkan kalkulasi ini dilakukan lantaran pilpres tinggal 16 hari lagi. Sehingga, kata dia, diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin of error survei dan asumsi golput.

Survei LSI Denny JA ini dilakukan pada 18 - 26 Maret 2019 menggunakan 1200 responden. Survei dilaksanakan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan in-depth interview untuk memperkaya analisa survei. LSI Denny JA mengatakan survei ini dibiayai sendiri oleh mereka.



Loading...
Next article Next Post
Previous article Previous Post